Friday, November 20, 2015

Sistem urogenitalia Struktur Anatomi Tubuh Ikan

Anatomi Tubuh Ikan 

F. Sistem Urogenitalia
Sistem urogenitalia merupakan gabungan dari sistem urinari atau ekskresi dan sistem genitalis merupakan Sistem yang berbeda dalam fungsinya. Namun secara anatomi kedua sistem tersebut memiliki hubungan yang erat karena ada lubang pembuluh dan lubang pelepasan yang digunakan secara bersama-sama (Alam Ikan 1).

  • Sistem Urinaria
Digestoria, muscularia, sceleton, circulatoria, respiratoria, urogenitalia, organon visus, nerverumIkan membuang sisa hasil metabolismenya melalui saluran pencernaan dan kulit, tetapi sebagian besar dibuang lewat ginjal. Ginjal berbentuk ramping dan memanjang dengan warna merah tua, terletak di bagian atas rongga perut di bawah tulang punggung dan jumlahnya sepasang. Ginjal mempunyai tipe anatomis dasar, yaitu pronephros dan mesonephros. Struktur pronephros sangat sederhana sedangkan mesonephros sangat rumit. Pronephros letaknya didepan mesonephros (Alam Ikan 1).
  • Sistem Genitalis
Ikan termasuk hewan heteroseksual, artinya perbedaan sel kelamin jantan dan betina dapat diketahui dengan jelas, misalnya dengan memijat bagian atas porus urogenitalia jantan, maka akan mengeluarkan cairan putih seperti susu, sedangkan betina akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan.  Secara anatomis perbedaan tersebut akan jelas terlihat pada ikan jantan didekat ginjal terdapat kantung berbentuk memanjang berwarna putih keruh, sedangkan pada ikan betina berwarna transparan kekuning-kuningan dan kantung pada ikan betina lebih besar daripada ikan jantan.

Alat perkembangbiakkan pada ikan yaitu gonad, pada ikan jantan disebut testes dan pada ikan betina disebut ovarium (Alam Ikan 1).

  1. Ovarium berbentuk longitudinal, terletak memanjang dan biasanya berjumlah sepasang. Ovarium ini bergantung pada bagian atas rongga tubuh dengan perantara mesovaria, dibawah atau disamping gelembung gas. Ukuran dan perkembangannya pada rongga tubuh bervariasi dengan tingkat kematangannya. Dalam keadaan matang ovarium biasa bisa mencapai 70 % dari berat tubuhnya, warnanyapun berbeda-beda, sebagian besar berwarna keputih-putihan pada waktu muda dan menjadi kekuning-kuningan pada waktu matang gonad imature (Alam Ikan 1).
  2. Testis, bentuknya longitudinal, sifatnya internal dan pada umumnya sepasang. Testes bergantung pada bagian atas rongga tubuh dengan perantara mesorchium, diatas atau dibawah gelembung gas (jika ada), beratnya bisa mencapai 12% atau lebih berat dari pada badannya, kebanyakan berwarna putih keruh (Alam Ikan 1).
Sistem urogenitalia merupakan suatu sistem gabungan dari sistem urinaria (pengeluaran air kencing) dan sistem genitalis (alat perkembangbiakan). Alat untuk perkembangbiakan ikan adalah gonad. 

Gonad ikan betina (ovarium) terletak internal longitudinal, tersusun berpasangan, sering bersatu dan memendek. Sedangkan gonad ikan jantan (testes) terletak internal longitudinal dan berpasangan. 

Jika testes masak, saluran air spermateka akan membesar dan melebar. Ukuran dan warna gonad, baik jantan maupuin betina bervariasi tergantung pada tingkat kematangan gonad (TKG) (Rahadjo, 1980).



Dibawah ini adalah artikel lanjutan struktur anatomi tubuh ikan
A. Sistem digestoria 
B. Sistem muscularia
C. Sistem sceleton
D. Sistem circulatoria
E. Sistem respiratoria
F. Sistem urogenitalia
g. Organon Visus
h. Sistem nerverum

Explanation :
Alam Ikan 1 : Rahardjo, 1985

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/struktur-anatomi-tubuh-ikan-sistem_27.html

No comments:

Post a Comment